Minggu, 22 November 2015

PRAKTEK MENYEMBELIH QURBAN DAN TATA BOGA SUKSES TERLAKSANA

Sabtu (21/11) - Halaman SMP Al-Ghazali dipenuhi dengan perabotan dapur lengkap dengan bahan bahan masakan. Kompor, Wajan, beras, minyak goreng, dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan disana juga ada beberapa ayam yang sepertinya siap untuk dipotong.
Ada apa ini?
Yah! hari ini mereka akan melaksanakan dua praktikum sekaligus, yaitu praktikum penyembelihan hewan qurban yang mana merupakan praktikum khusus kelas 9 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta praktikum memasak (tata boga) bagi semua siswa sebagai bentuk praktikum dari mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Dan ini adalah kali kedua acara ini diselenggarakan.
Acara diawali dengan penyembelihan hewan qurban khusus kelas 9, lalu dilanjutkan dengan masak bersama yang mana siswa siswi dibagi menjadi 6 kelompok besar. YAng menarik, para guru juga ikut memasak bersama dengan kelompok mereka sendiri. Mereka harus bekerja sama berkereasi untuk memasak masakan yang telah mereka rencanakan sebelumnya.
Acara yang dimulai dari jam 8 pagi ini berlanjut sangat meriah. Siswa siswi terlihat kompak saling bekerja sesuai dengan pembagian tugas yang telah mereka terima di kelompoknya sebelumnya. Hingga jam 11.30, masakan semua kelompok telah siap untuk disajikan. Selanjutnya adalah acara makan bersama, akan tetapi siswa siswi dan para guru shalat dzuhur berjamaah dulu sebelumnya.
Acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi siswa siswi khususnya kelas 9 untuk melakukan penyembelihan hewan qurban dan melatih semua siswa untuk memasak dan berkerja secara kelompok.
Semoga dengan adanya acara ini, bisa memberikan dampak positif dalam kehidupan agama dan sosial siswa siswi SMP Al-Ghazali! Amin!


SMP Al-Ghazali Sumenep

Tim IT SMP Al-Ghazali

Tulisan di blog ini adalah hasil kerja tim IT SMP Al-Ghazali. Silahkan digunakan tanpa komersialisasi. Terimakasih.

TULIS KOMENTARMU