Senin, 29 Agustus 2016

PENTINGNYA PENGGUNAAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING

Website Resmi SMP Al-Ghazali Kec. Batang Batang Kab. Sumenep

Oleh IRMANTO
Kepala SMP Al-Ghazali Sumenep

"Bahasa bukan ilmu, tapi skill"
Begitulah banyak orang mengatakan. Memang betul, hakikat dari adanya bahasa adalah untuk membantu kita berkomunikasi dengan lebih mudah. Meskipun tanpa kita tahu struktur gramatikalnya, maka itu bukanlah suatu masalah selagi kita bisa menggunakannya. Pembelajaran bahasa adalah pembelajaran yang bertujuan agar kita bisa berkomunikasi dalam bahasa tersebut.

Maka dari itu, sangat penting kiranya memilih dan menggunakan pendekatan yang tepat demi tercapainya tujuan komunikasi tersebut. Pendekatan Komunikatif adalah pendekatan yang paling pas untuk digunakan. Karena pendekatan ini mengutamakan makna yang sebenarnya dibandingkan dengan tata bahasanya.

Pendekatan komunikatif mulai munvul sekitar tahun 1960an, dimana saat itu, pembelajaran bahasa banyak menggunakan pendekatan situasional, dimana bahasa dipraktekkan dalam situasi situasi tertentu. Lalu pendekatan ini mulai menimbulkan penolakan dan akhirnya melahirkan pendekatan komunikatif.

Intinya adalah, pembelajaran bahasa yang seharusnya adalah bertujuan untuk membantu menjadikan peserta didik agar bisa menggunakan bahasa tersebut. Sehingga, di akhir pembelajaran, ada kemampuan yang bertambah dari peserta didik dalam komunikasinya menggunakan bahasa tersebut.

Akan tetapi, sayangnya, dalam beberapa praktek pembelajaran bahasa (kalau tidak mayoritas) terutama bahasa asing sperti bahasa Inggris masih saja menekankan pembelajaran sitasional dan atau bahkan konvesional. Peserta didik diarahkan pada buku pegangan atau bahkan ironisnya pada buku LKS dengan hanya membahas apa yang ada, atau menterjemah dan menjawab soal soal yang ada. Sehingga, output yang tercetak bukan siswa yang terampil berbahasa, akan tetapi siswa yang mahir menjawab soal bahasa. Padahal, kalau kita kembali pada tujuan utama pembelajaran bahasa adalah untuk membantu siswa bisa terampil berbahasa.

Mengutip dari kalimat paling atas bahwa bahasa bukan ilmu yang hanya perlu kita pelajari di kelas dengan membahas tata bahasa dan menjawab soal, tapi lebih dari itu, bahasa adalah sebuah kemampuan dimana kita bisa terampil menggunakannya.

Irmanto

Tim IT SMP Al-Ghazali

Tulisan di blog ini adalah hasil kerja tim IT SMP Al-Ghazali. Silahkan digunakan tanpa komersialisasi. Terimakasih.