Sabtu, 15 Agustus 2015

TEMU WALI, SARANA SILATURRAHIM DAN MENDIDIK MURID BERSAMA ANTARA SEKOLAH DAN ORANG TUA

Sabtu (15/08) - Wali murid SMP Al-Ghazali berkumpul di sekolah untuk duduk bersama menghadiri acara rutin kita, yaitu temu wali murid SMP Al-Ghazali. Acara yang dijadwalkan tiga bulan sekali ini, dihadiri oleh hampir seluruh wali murid dan para guru.

Acara ini diawali dengan istigasah bersama, sebagai bentuk ucapak syukur dan pendekatan diri kepada Ilahi. Lalu dilanjutkan dengan laporan sekolah kepada wali murid yang meliputi Jadwal harian SMP Al-Ghazali, sarana prasana dan fasilitas penunjang, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kegiatan ekstra kurikuler, perkembangan siswa siswi kelas 8 dan 9, serta perkembangan awal kelas 7, dan laporan keungan sekolah secara terperinci.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi konsultasi tatap mata. Dimana setiap wali satu persatu secara bergantian berkonsultasi dengan dwan guru yang telah ditunjuk untuk membicarakan sikap dan perkembangan diri murid terutama selama berada di rumah, kelebihan dan kekurangan sang anak, dan perkembangan sikap stelah berada di SMP Al-Ghazali. Alhamdulillah, 95% hasil dari laporan orang tua dalam konsultasi ini, anak anak SMP Al-Ghazali mengalami perubahan positif. Terutama dalam hal sikap terhdap orang tua dan lingkungan.

Dalam sesi konsultasi tatap mata tersebut juga digali harapan orang tua terhadap si anak, sehingga bisa difasilitasi untuk dikomunikasikan dengan sang anak. Dan juga penyampain keinginan anak kepada mereka para orang tua, yang datanya diperoleh dari Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan sebelum acara ini di sekolah.

Semoga dengan adanya acara ini, orang tua dan sekolah semakin intens berkomunikasi dan berkoordinasi untuk mendidik para murid bersama. Karena sejatinya, pendidikan utama adalah tugas keluarga, sekolah hanyalah membantu mereka saja.

Semoga acara ini menjadi jalan semakin baiknya pendidikan ke depan. Amin.

Irmanto i-chanel

Tim IT SMP Al-Ghazali

Tulisan di blog ini adalah hasil kerja tim IT SMP Al-Ghazali. Silahkan digunakan tanpa komersialisasi. Terimakasih.

TULIS KOMENTARMU