Jumat, 27 Februari 2015

Berdagang adalah Untuk Membantu Orang

Di pinggir Jalan Kolpo Kec. Batang Batang terdapat sebuah toko sederhana milik keluarga Sudirman yang menjual kebutuhan sehari hari. 
Sudir, panggilan Sudirman, mendirikan toko itu tahun 2010 lalu. 

Bekerja sebagai pedagang dirasa cukup nyaman bagi keluarga Sudir. Karena penghasilan yang didapat dalam sebulan dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari keluarganya yang terdiri dari Siti, sang istri, dan Lutvi, anak satu satunya. Dan nama TOKO LUTVI tentu diambil dari anak satu satunya tersebut. 

Akan tetapi, disamping naymannya berdagang seperti ini, tentu ada sesuatu yang tidak nyaman. Salah satunya adalah ketika orang orang yang berhutang tidak membayar sesuai janji mereka, padahal uang itu akan dia putar lagi untuk membeli barang dagangan.

Dalam sehari toko tersebut cukup laku walaupun hanya di desa terpencil, dalam sehari hasil jualannya berkisar Rp.600.000,00 sampai Rp.1.000.000,00, tetapi hasilnya atau keuntungannya bersihnya sangat minim yaitu berkisar Rp.30.000,00 saja. Karena toko tersebut tidak menjual dengan mengambi keuntungan berlebih.

Salah satu alasan toko itu bertahan adalah karena Sudir memiliki pemikiran bahwa jika kebutuhan masyarakat terpenuhi maka masyarakat akan bahagia , tentram dan sejahtera. Dia berniat membantu masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan kebutuhan mereka. Dia membantu masyarakat, masyarakatpun membantunya. Istilahnya simbiosis mutualism.

Prinsip yang ditanamkan Sudir pada diri dan keluarganya adalah bahwa :

“Kabahagiaan Orang Lain Adalah Tujuan Kita Melanjutkan Hidup” 

prinsip yang kami kira patut dan seharusnya tertanam dalam diri semua pedagang bahkan juga kita semua, karena “Manusia Saling Membutuhkan” dan sebaik baik manusia adalah manusia yang bermanfaat pada sesamanya.

_______________________
Disusun Oleh: 

  • Imroatun Nadifah (VIII)
  • Anisa (IX)
  • Fitri Fulasari (IX)
  • Santi Laili (VIII)
  • Moh Imron (VIII)
  • Fiqi Irawan (VIII)
  • Joko Anggi Agustino (VIII)
  • Yono (VIII)

SMP Al-Ghazali Sumenep

Tim IT SMP Al-Ghazali

Tulisan di blog ini adalah hasil kerja tim IT SMP Al-Ghazali. Silahkan digunakan tanpa komersialisasi. Terimakasih.

TULIS KOMENTARMU