Rabu, 08 Januari 2014

Terimakasih untuk kenangan ini! (Memoar Outbond 2013)



Outbond SMP Al-Ghazali 2013
Klik Untuk Melihat Foto
Ups!! bentar,,, sebelum baca, ini tulisan hanya catatan harianku saja. Ceritanya hampir tidak berkonflik dan datar datar saja. Tapi, buatku, berkesannnn sangat!  
***
Mulai...!
Sinar mentari membangunkanku pagi ini, lagi. Ngantuk masih. Tapi, harus bangun! Seperti biasa, sekolah. Ya, harus siap siap ke sekolah. Padahal belaian angin yang menyelinap lewat celah jendela kamarku itu membuat otot tubuhku kian lemas melayu. Akan nikmat rasanya kalau dilanjutkan tidur…. howammm.... 
Tapi, ah! 
hidup ini Cuma sekali, masa tak bikin tidur terus?
Secepat kilat aku berlari ke kamar mandi.. 

wuzzzttt!!!
Tapi,,,, uhhh!!! ada orang di dalam. Maklum, aku tinggal di desa yang satu rumah hanya punya satu kamar mandi.
“Siapa di dalam???” teriakku lemah.
Tok tok!
Pintu kamar mandi diketok du kali dari dalam. 
Hmmm… itu artinya, aku keduluan adikku mandi. Dan ini adalah bencana dahsyat…! Gimana ndak? dia kalo mandi, lamaaaaaa banget!!! ndak tahu ngapain aja di dalem.
Kreeekkk!
Tiba tiba pintu kamar mandi terbuka.
“Tumben cepet?” tukasku sambil buru buru masuk ke dalem.
“yeee… situ aja yang kesiangan! makanya abis subuh jangan ngorok lagi!”
Ya begitulah aku tiap pagi, tidur lagi sehabis subuh. katanya sih ndak boleh, soalnya, para sesepuh bilang “kalo kamu tidur lagi sehabis subuh, rizkimu akan ilang dipatok ayam”.
Masa iya rizki dipatok ayam??? hihihi… ada ada saja…
Tapi bener juga sih. pernah sekali aq kesiangan banget. Dan itu bikin aku hamper telat masuk sekolah. Untung aja masih hamper, gak telat beneran. kalo telat beneran, bisa mampus aku gak sekolah hari itu. kalo ndak sekolah, kan ilang rizki ku untuk dapet ilmu. (btw, skolahku itu disiplinnnn bangetzzz. ndak boleh telat dikit. pintu pager langsung tertutup rapat…. nyebelin sihhh,, tapi, itu untuk ngelatih kita tepat waktu, biar ndak kayak kebanyakan orng Indonesia yang molornya, uwaduhhhh!!!! minta ampun deh!!! janjian jam 8 nih, jam 9 baru datang!!! alamakkk!!!! makanya aku seneng dan sebel dengan kedisiplinan sekolahku. Seneng karena akhirnya aku terbiasa tepat waktu, sebel karena kadang aku malassss banget… hehehe :-D )
****
kriinnngggg!!!!!!!!!! kriinnngggg!!!!!!!!!!
07.00 pas!! Bel masuk berdering.
Kamipun tanpa basa basi masuk kelas dan langsung ngaji. Yah,,,, ini kelebihan lain dari sekolahku, 15 menit sebelum pelajaran di mulai, semua siswa wajib baca al-qur’an yang sudah tersedia di tiap tiap kelas. Sebenarnya, biasanya kami masuk jam 06.15 pagi untuk ikut program wajib Intensif Bahasa Inggris. Tapi, karena sekarang ujian, jadi intensifnya libur dulu.
Lima belas menit berlalu.
“Assalamu’alaikum…” Kak Wahyu masuk dengan tanpa senyum. Kak Wahyu???? yapzz!! Di sekolah, karena kebanyakan gurunya amsih muda, jadi kita manggil mereka KAKAK dan MBAK. 
“Adek adek, karena hari ini adalah hari terakhir ujian, ada pengumuman penting dari sekolah, nanti, hari selasa, kita akan outbond di pantai badur!”
Whattt?????
Outbond???
Yakin?????
“horeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!” teman teman sekelas berteriak girang. gimana tidak??? satu minggu ini adalah minggu mumet!!! Selain acara outbond ini sudah dinanti nanti, ini juga diharap bisa menetralkan tubuh dan otak kami yang selama seminggu ini bergulat dengan soal soal.
“Sudah sudah, dengarkan dulu. Outbond ini akan dilaksanakan selasa besok, tanggal 24 Desember. Kita berangkat jam 06.00 pas!! harus tepat waktu ya??? Tapi, outbond ini ada syaratnya”
Kita ada melongo.
“ Syaratnya, karena ini pantai, yang pasti nanti kalian mandi, khusus untuk perempuan, WAJIB tetap menutup aurat selama disana. entah hanya duduk, jalan ataupun bahkan mandi di pantai, kalian wajib tetap menutup aurat! setuju????”
kita lansung mengiyakan.. “setujuuuuuu kak!!!”
“syarat kedua, peralatan shalat WAJIB kalian bawa! nanti disana kita shalat dzuhur jama’ah. siapppppp???”
“siapppp kakkk!!!”
“ syarat yang ketiga, disana kita sebisa mungkin pertahanin kebiasaan berbahasa inggris kita. Biar makin bagus kemampuan kita. mau?”
“mauuuu… kakkk… “ kita akut saja apa kata Kak Wahyu, daripada ndak jadi??? kan mending ikut aturan kakak guru saja. O yah lupa bilang, di skeolahku itu, tiap hari FARDU ‘AIN hukumnya untuk berbahasa inggris ke siapapun di lingkungan sekolah. WAJIB!!! makanya, sekarang aku dah lumayan lancar ngomong bahasa inggris, yahhh gara gara tiap hari pake bahasa inggris terus… ribet emang sihhh… tapi ribetnya awal awal doank, akhirnya kita terbiasa. Malahan, kayanya kita lebih lancar bahasa inggrisnya deh daripada bahasa Indonesia, coz banyakan berbahasa inggrisnya daripada bahasa indonesianya… hihihi
“Nah,,, sekarang kita bicarakan mau naik apa kita ke sana? soalnya, katanya kemarin banyak yang usul naik mobil bak terbuka??? betul ndak???”
“Ya kak!! soalnya kalau naik mobil colt (sejenis L300) kita sering mabuk darat” Holliman nyeletuk, yah dia memang biasa mabuk. Jangankan perjalanan jauh, ke pasar aja dia mabuk. walah walah…
“Saya juga setuju bak terbuka kak, alasannya sama, biar ndak gampang mabuk” Kali ini Fitri, si wakil ketua OSIS yang angkat bicara.
Yahhh… beginilah sekolahku, selalu dibicarakan bersama. Biar ndak ada yang cemburu buta. acara outbond ini juga sudah kita bicarakan bersama sebelumnya. Kata Kakak kakak guru sih, biar belajar jadi orang demokratis. Amin.
****
24 Desember 2013
05.15 aku sudah mentereng di sekolah… semangat!!! tak ada rasa ngantuk ataupun malas. Yang ada, semangat dan tersenyum!!!! :-D Yupzzz!!! hari kami akan outbond di Pantai Badur, salah satu pantai terindah yang masih alami di daerah kami.
Setelah salaman dan menebar senyum manis ke teman teman, plus ngobrol ke sana kemari, akhirnya jam 06.15 kita berangkat. Telat 15 menit dari jadwal, bukan karena apa, tapi mobil yang dicarter yang telat datang. O ya, bagusnya lagi sekolahku, kalo kita ketemu siapapun yang di kenal, terutama temen dan guru, WAJIB hukumnya melakukan 3 S alias Senyum, Salam (ngucapin salam), dan Salaman.

Kembaili ke cerita! 

Kita berangkat menggunakan mobil bak terbuka, cewek dan cowok dipisah. Seneng banget rasanya!! Apa lagi sekarang aku sudah di kelas akhir. Ini bisa jadi jalan jalan terakhir bareng teman teman kelas.
07.00 kita sampai di Pantai Badur. 
Waa…..! indahnyaaa!!!
Ombak terlihat agak kencang berkejaran… angin dengan aroma lautnya menerbangkan kerudung kami. Terlihat beberapa nelayan masih menebarkan jala mereka… 
Subhanallahhh!!! Kau memang Maha Kuasa, Allah. Kau ciptakan tempat dan kehidupan yang sangat amat indah ini!!! Subhanallahhhh…
***Setelah meletakkan barang barang. Acara dimulai dengan presentasi nama tiap grup beserta filosofinya. Serta penampilan yel yel tiap grup yang ada. Seru! Lucu! Apa lagi kelompoknya Holliman, si mantan ketua OSIS yang juga teman kelasku, yel yelnya bernada dangdut dibarengi dengan joget kocaknya! hahaha… menggemaskan!!
Selesai pembukaan. Kita langsung ditugaskan menuju pos pos yang telah ada. Di tiap pos, kita harus menyelesaikan game yang sudah para kakak guru siapkan. Jika kami gagal menyelesaikan permainan yang ada, kami kena hukuman! wajah kami dihias dengan tepung dan lipstick!!! tega banget sih mereka!! 
Rata rata, semua permainan yang ada bertujuan “team building” atau melatih kekompakan tiap kelompok.

Di pos pertama, kami harus memindahkan air yang ada di ember depan menuju ember belakang dengan menggunakan gelas gelas yang sudah ada. Dengan satu kelompok, kami harus berdiri berbaris. Teman yang paling depan mengambil air menggunakan gelas yang dia pengang, lalu menuangkan ke gelas temanku yang lain yang ada di belakangnya dan dia tidak boleh melihat ketika menuangkan air. Serunya, karena tidak semuanya pas menuangkan airnya ke gelas di belakangnya, akhirnya malah kita yang basah kesiram air mereka! hehehe… basah deh…! 
Kata kakak guru, ini permainan namanya ESTAFET AIR. Seru!!!
Di pos kedua, permainannya adalah PIPA BOCOR. Game ini bertujuan bagaimana menjadi kelompok yang kompak dalam memecahkan masalah secara bersama sama. Disini, kami harus mengisi pipa paralon besar yang sudah dilubangi. Satu orang bertugas mengisi pipa dengan air, sedangkan yang lain menutup lubang lubang yang ada di pipa itu dengan jari, atau bahkan kaki!!! loh?? yah! karena lubangnya banyak banget!!! bahkan, semua jari dan kaki kita sekelompokpun tidak cukup untuk menutup lubang lubang itu. Dan akibatnya! kami basah kuyup semua!!!! gimana tidak?? wong kita nutup sambil duduk dan pipanya harus berdiri, lahhh,,, air yang keluar dari lubang lubang yang tidak tertutupi menyiram kita deh jadinya!! Tapi, setelah mengeluarkan segenap kekuatan jiwa dan raga! (wuiohhh,,,) akhirnya kita bisa menyelesaikan tantangan itu! yes yes yes!!! :-D
Di pos ketiga, perwakilan dari kami harus bisa memasukkan bola pingpong ke dalam potongan botol air mineral dengan cara meniupnya menggunakan sedotan besar. Susah!! kali ini kami dilatih untuk konsentrasi dan berpikir serta serius! Apa lagi, kami harus berhenti meniup dan berjoget ketika music berbunyi. walah walahhh… !!
Di pos pos lainnya, kamipun berlatih kekompakan, kebersamaan, konsentrasi dan keseriusan. Mantap!!!

Tidak terasa sudah hampir 3 jam kita habiskan untuk permainan permainan itu. Di akhir, kami ditugaskan untuk meresume makna dan tujuan serta masalah dan pemecahannya yang kita dapat di tiap permainan yang sudah kita lewati. Ini bertujuan melatih kita hidup sistematis dan analitis.

Setelah semuanya selesai, saatnya bercebur di laut!!

Serbuuu!!!!

Teman teman pada berlarian ke bibir pantai. Bermain dengan ombak dan hangatnya mentari pagi. Menyenangkan! Melihat senyum dan tawa lepas mereka. Hmmmm….
Ada juga beberapa yang hanya bermain pasir atau hanya sekedar jalan jalan dipinggir pantai.

Dan di sebelah barat, di atas tembok besar, ada yang menyendiri duduk termenung. Sebenarnya tidak termenung sih, tapi lebih tepatnya lagi menikmati suasana dan pemandangan yang terbilang sangat indah ini plus ngelepasin rasa penat dihati dan fikiran selama ini. Aku kok tahu?? lahh.. itu kan aku sendiri… hehehe…
 

Hmm….. tapi memang indah banget ya pantai,,,, apalagi bareng sama temen temen dan kakak kakak guru sekolah. Wah… matap dah pokonya!

Jam 11.00, kami melaksanakan tugas terakhir dari sekolah. Interview ke masyarakat di sekitar pantai. Ini salah satu media untuk melatiha keberanian, kecerdasan dan kepekaan kami terhadap lingkungan sekitar. 

Kami focus pada bagaimana pendapat mereka jika seandainya pantai badur ini disulap menjadi tempat wisata mewah??? dibangun hotel dan restoran??? 
Mau tahu jawaban mereka??? 
kebanyakan dari mereka setuju jika Pantai badur ini dibangun, dengan syarat, tidak bertentangan dengan norma dan adat istiadat mereka. Hmm… ternyata, mereka sangat peduli dengan budaya dan identitas mereka. Mereka juga menyebutkan bahwa kebanyakan tempat wisata dijadikan tempat berbuat maksiat. Jika pantai ini mau dibangun, harus sesuai dengan adat mereka, sebagai orang Madura, sedagai orang Islam.  Waww!!!
Acara ditutup dengan presentasi hasil wawancara dari tiap kelompok. Sebelum akhirnya kami kembali pulang, membawa pasir kenangan yang tersenyum di benak kami.Ini adalah kado terindah di akhir tahun ini.

Kawan, ini hari terindah buatku bersamamu, terimakasih.
Guru, terimakasih mau melakukan banyak hal untuk kami.
Allah, terimakasih sudah memberikan kawan terbaik dan guru terhebat kepada kami!
Terimakasih untuk kenangan ini!!!

Aku cinta kalian semuanya!!!
Love you!!!

___________
Yunie 
(IX)

SMP Al-Ghazali Sumenep

Tim IT SMP Al-Ghazali

Tulisan di blog ini adalah hasil kerja tim IT SMP Al-Ghazali. Silahkan digunakan tanpa komersialisasi. Terimakasih.

TULIS KOMENTARMU